Post

make a XML Sitemap with Laravel

Salam hangat sahabat sharehubid. Pada article kali ini, penulis akan mencontohkan bagaimana membuat sitemap untuk blog maupun web anda.

Dewasa ini, google search console mengharuskan kita untuk melakukan submit sitemap saat mendaftarkan website dan page - page yang ada dalam website kita. Gunanya adalah agar google search console dapat lebih mudah dan cepat dalam proses Crawling di website kita tanpa harus Crawling satu persatu pada tiap page ataupun post yang kita buat pada web ataupun blog kita.

Sitemap adalah sebuah file yang berisikan list dari tiap halaman yang ada pada web ataupun blog kita, sebagai informasi untuk google search console sehingga lebih mudah dalam melakukan Crawling.

Baiklah, langsung saja, saya akan mencontohkan bagaimana membuat sebuah Sitemap dengan Laravel dengan kasus seperti pada blog saya ini.

Pertama - tama buatlah SiteMapController dengan perintah " php artisan make:controller Sitemap/SiteMapController ".

Bila sudah, buatlah sebuah directory "sitemap" pada directory "resources/view" dan tambahkan file dengan nama "index.blade.php" pada directory "sitemap" tersebut.

Selanjutnya, buatlah method index pada SiteMapController yang telah dibuat tadi dan tambahkan code sebagai berikut.

Pada gambar dapat dilihat bahwa saya memanggil model Post. Karena dalam hal ini saya mencontohkan bagaimana saya membuat sitemap file yang berisi list post dari semua post pada blog saya.

Bila sudah, berlih pada file route, dan tambahkan route seprti ini.

Selanjutnya, pada file index.blade.php yang telah dibuat tadi, tambakan code seperti berikut.

Baiklah, cukup mudah bukan. Sekarang hanya kita hana perlu mendaftarkan link Sitemap kita pada google search console. Sekian yang dapat saya sampaikan, selebihnya saya ucapkan terimakasih.