Post

Laravel and Vuejs #4

Pada article yang lalu, kita sudah melakukan pembuatan resource dan data transforms, serta membuat beberapa controller. Kali ini pembuatan web aplikasi bukutamu akan kita lanjutkan dengan melakukan test endpoint dari API Route yang telah kita buat sebelumnya. Pastikan salah satu dari aplikasi yang dibutuhkan sebagaimana telah disebutkan pada article bagian pertama, yaitu Postman sudah terinstal.

Baiklah pertama - tama buka aplikasi Postman anda, dan akan tampil tampilan seperti berikut lalu kemudian pilih " Collection ".

setelah itu maka akan muncul tampilan seperti berikut dan isikan name new collection dengan "bukutamu", dan klik tombol create.

Setelah berhasil, kemudian sorot collection bukutamu yang baru saja dibuat di sidebar sebelah kiri, klik (...) dan pilih add request seperti pada gambar berikut.

 Kemudian akan tampil pop up dan isikan nama request seperti di gambar dan klik save to bukutamu.

Sebelumnya saya ingatkan, jangan lupa untuk memastikan Apache dan MySql pada xampp anda sudah berjalan. Lalu ke command prompt, pastikan active directory pada bukutamu dan ketik perintah " php artisan serve ".

Setelah berhasil menyimpan request baru tadi, maka akan tampil layar sebagai berikut.

Seperti pada gambar diatas, pilih method "Get" dan isikan link API route yg sudah kita buat pada article sebelumnya. Bila sudah, klik "Send".

Voila, data dummy yang telah kita seeding telah tampil dalam bentuk JSON dengan transformasi yang sudah kita lakukan. Dengan begini, EndPoint Test kita telah berhasil.

Selanjutnya, anda dapat melanjutkan sendiri membuat EndPoint Test dari API Route lain yang sudah kita buat sebagai latihan. Sebagai tips, pastikan http method yang digunakan sesuai dengan request yang akan dibuat (Get, Post, Put, dll).

Baiklah, selebihnya akan saya lanjutkan pada article berikutnya. Terimakasih.