Post

Introduction to Redux

Salam hangat sobat sharehubid. Berkenaan dengan pembelajaran pembuatan mobile app dengan React Native, kali ini kita akan berkenalan dengan Redux. Apa, sih Redux ?

Redux adalah predictable state container yang digunakan dalam pengembangan aplikasi berbasis javascript, dimana Redux memudahkan kita dalam mengelola kondisi dari aplikasi yang kita kembangkan. Dengan kata lain, Redux membantu kita mengelola tampilan data dan bagaimana kita merespons tindakan dari user.

Redux memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut :

  • Redux membantu kita untuk megembangkan aplikasi yang konsisten, berjalan dalam lingkungan berbeda (client, server, native), dan juga mudah dalama melakukan pengujian.
  • Redux dapat berjalan dalam lapisan UI apapun, serta memiliki lingkungan addons yang besar untuk memenuhi kebutuhan kita.

Bila digambarkan dalam suatu diagram, kira - kira pada dasarnya Redux itu seperti ini.

Pada gambar dapat kita lihat bahwa terdapat sebuah aksi yang berhubungan dengan sebuah store, dimana aksi tersebut merupakan sebuah object yang memerintahkan reducer bagaimana ia memanipulasi data didalamnya. Selanjutnya data yang telah dimanipulasi dalam reducer di berikan pada state untuk digunakan pada app yang dikembangkan.

Anyway, seeing is believing. Jadi mari kita lakukan sedikit latihan dalam upaya kita berkenalan dengan Redux. Silahkan anda klik di sini untuk menuju lembar kerja latihan kita.

Bila anda sudah masuk pada lembar kerja tersebut, silahkan anda tambahkan code seperti berikut.

Pada line pertama, kita membuat sebuah const action yang berisi 2 variable yaitu type dan contoh_data. Variale type dimaksudkan untuk memerintahkan reducer melakukan split string dalam pengolahan data dari variable contoh_data.

Bila sudah, tambahkan lagi code dibawahnya sehingga keseluruhannya menjadi seperti ini.

Bila sudah mengikuti coding dengan baik dan benar, maka voila, beginilah hasilnya.

Baiklah, begitulah perkenalan dengan Redux yang dapat saya sampaikan. Saya harap ini dapat membantu anda dalam mengenal Redux. Sekian yang dapat saya sampaikan, selebihnya saya ucapkan terimakasih.